Pesona Pulau Beras Basah, Bontang Kaltim

Impian berpetualang di Bumi Etam, Kalimantan Timur akhirnya terwujud juga. Sejak lama saya berkhayal bisa berkeliling ke kota-kota di Kaltim, termasuk ke beberapa objek wisata alam, budaya hingga kuliner nya. Pulau Beras Basah di Kota Bontang menjadi salah satu objek wisata yang berhasil saya kunjungi selama di Kaltim awal april lalu.

Pulau Beras Basah terletak sekitar 40 menit perjalanan laut. Dengan menyewa kapal nelayan, saya mantabkan niat untuk menikmati pesona bahari yang ditawarkan pulau yang memiliki pantai pasir putih itu. Kapal bertolak dari sebuah dermaga kayu di kawasan Bontang Kuala, Bontang. Sekitar pukul 10 pagi saya awali perjalanan dengan beberapa orang teman sekaligus. Ada Gunadi, Mas Rully, Amsi, Deny, serta beberapa fotograper Bontang yang baru saya kenal.

Meski kapal agak sesak oleh penumpang, tapi kami tetap bernyali untuk menyeberangi lautan. Langit sangat cerah. Awan putih berarak di sekitarnya. Menambah semangat saya untuk segera tiba di Pulau Beras Basah. Terakhir ke pantai sekitar bulan maret lalu, tepat nya di Pulau Samalona Makassar, Sulsel. Sedikit rasa rindu untuk mencicipi kembali pesona pantai, membawa saya ke Pulau Beras Basah.







Selama perjalanan, saya menemui air laut yang sangat jernih. Cukup dari atas kapal, saya bisa melihat hijau nya tumbuhan laut di dasar nya. Bahkan sesekali ikan kecil terlihat samar-samar di bawah sana. Sementara, pulau-pulau tak berpenghuni juga ramai terlihat. Pulau-pulau kecil itu hanya dipenuhi pohon bakau yang rimbun. Tak hanya itu, saya juga menemui perkampungan di atas air laut. Sekumpulan rumah itu sama sekali tak terhubung dengan daratan. Satu-satunya cara agar warga nya terhubung dengan daratan adalah dengan menggunakan kapal. Benar-benar kampung yang unik.

Tak terasa sebuah mercusuar menjulang tinggi menyambut kedatangan saya. Pantai berpasir putih pun terlihat jelas. Tak sabar rasanya untuk segera menginjakan kaki di atas nya. Kapal terus merapat ke sebuah dermaga kayu di sekitar pulau. Disana sudah ada beberapa kapal tambat. Tampaknya pulau kecil ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan.



Saya dan rombongan segera menaiki dermaga. Dengan membawa perbekalan berupa tas, makanan dan sebagainya, kami segera menuju sebuah pondokan sederhana di tengah-tengah pulau. Bangunan dari kayu tersebut, cukup luas untuk sekedar menaruh barang bawaan dan sebagai tempat untuk istirahat. Pohon-pohon rimbun di sekitarnya terlihat kokoh meski lokasi nya berada di atas pulau berpasir.



Saya segera melaju ke tepian pulau. Mencari objek yang cocok untuk menyalurkan hobi fotograpi. Tak hanya itu, saya juga menyukai suasana pantai dan laut lepas. Maka tak salah jika Pulau Beras Basah menjadi magnet utama saya ke kota Bontang. Saya juga sempat mendekati ke satu-satu nya bangunan menjulang di pulau ini. Mercusuar kokoh yang tegak berdiri di atas pulau. Sekilas mirip Pulau Lengkuas Belitung. Tapi bedanya, pulau ini tak memiliki batu-batu besar seperti yang ada di Pulau Lengkuas.



Tak menyia-nyiakan kesempatan, saya segera menceburkan kaki di tepian laut nya yang sangat jernih. Meski tidak mandi di air nya, namun saya tetap menikmati sejuknya air laut di sekitar pulau. Tumbuhan laut sesekali tak sengaja saya injak. Bintang laut berukuran seperti telapak tangan juga berhasil saya temui. Warnanya sangat indah, campuran antara coklat dan merah muda. Mengingatkan saya pada salah satu tokok kartun di serial Sponge Bob. Di sudut lain saya menemui beberapa anak kecil. Mereka sepertinya sangat menikmati pesona pulau ini.



Semakin siang semakin berkurang jumlah wisatawan. Sehingga menambah damai pulau ini. Matahari semakin condong ke barat. Rasanya sudah saat nya untuk meninggalkan pulau kecil berpasir putih dan berair jernih ini. Karena katanya, semakin sore ombak di lautan yang akan kami lewati semakin ganas.



Dengan berat hati saya langkahkan kaki menuju kapal. Sebelum benar-benar berangkat saya menemui dua buah kapal layar kecil di sekitar pulau. Kapalnya cantik dan mewah. Sementara di sudut lain ada sebuah kapal kecil milik nelayan. Perbedaan yang mencolok.



Rute :
Pesawat dari berbagai kota dengan tujuan Balikpapan sangat ramai. Dari Balikpapan menuju Bontang bisa memilih jalur bis dengan lama perjalanan sekitar 5 jam. Tarif bis AC, hanya Rp 85 ribu. Salah satu nya adalah PO Samarinda Lestari. Jika dari Samarinda, perjalanan hanya sekitar 2 jam saja. Dengan biaya bis hanya sebesar Rp 20 ribu. Tiba di Bontang, anda bisa menyewa kapal di sekitar Bontang Kuala dan Tanjung Laut. Tarif sewa kapal bervariasi, antara Rp 300 hingga 400 ribu. Bisa menampung 10 penumpang sekaligus. Di Pulau Beras Basah tak ditemui penginapan dan warung makan, maka sebaiknya anda tidak menginap dan membawa perbekalan berupa makanan. Solusi nya anda bisa menginap di kota Bontang.


Banjarmasin, 17 April 2010

21 komentar:

Raffaell mengatakan...

Mantaff nih, jadi gak sabar minta beliin tokina wide lens, wuahahaha

dx world mengatakan...

keren banget eh. btw, kapal itu bayarnya bs patungan kan bang?

indah mengatakan...

kereeeeeeeennnnnn bgttttttt....mantab nas :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ raffael :

wah kalo udah beli wide lens nya, segera ya di upload hasil foto nya..:) akhirnya sahabat blogger ini, berkunjung kembali di blog ku...thanks..

@ dx world :

bisa banget patungan...kapal bisa nampung 10 orang lho...bisa murah kalo sistem patungan..

@ indah :

makasih ya indah atas kunjungannya..

Ojat mengatakan...

ngiri nih liat hasilnya... hari itu aku ga bisa ikut pas kebetulan ada acara... mantap2 hasil fotonya... ditunggu lg di bontang bro :D

Lomar Dasika mengatakan...

Nas...intinya Pulau Beras Basah ini tidak berpenghuni yach? jadi pilihan satu-satunya ya pergi pagi dan pulang sore aja dunk yach? jadi Pulau ini isinya hanya wisatawan saja yach? :D

nasrudin ansori mengatakan...

@ ojat :

wah makasih atas kunjungannya om..:)
sayang bgt, kang ojat gak bisa gabung..saya gak bisa meng calling kang ojat karena saya ga punya no hp ente waktu itu,...saya berkesan bgt ama Bontang..pengen balik lg..

@ lomar :

yup, mesti pp dalam sehari.gak ada hotel nya euy...pulau nya gak ada penghuni nya...

anna mengatakan...

Ya ampun tu air bersih banget yaaa...

anno' mengatakan...

wowwww..keren2 nas...
nyesel juga gak bisa ikut...
tapi lain kali lagi dach...

kompo foto2 lo keren tuch

amri mengatakan...

keren bangeeet..
oh ini toh yg dijadiin profile picture fb

nasrudin ansori mengatakan...

@ anna :

yup jernih bgt..

@ anno :

segera dah bro kesono, mumpung lo masih di kaltim...

@ amri :

makasih kunjungannya...

diyank ayie mengatakan...

woww... kalo diliat dari foto2nya kereeeeeeen.. pengen ke sana tapi jauh skalee :(

nasrudin ansori mengatakan...

@ diyank :

asli nya juga keren kok pantai nya..
jauh bukan jd alasan lho...yg penting punya niat n beli tiket..ehehe

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Tidak disangka di BOntang Kal-Tim juga ada pantainya.Bahkan kayaknya pantai itu tak kalah indahnya dengan pantai yang ada di pulau dewata,.

nasrudin ansori mengatakan...

@ arif :

yup, bagus bgt..gak perlu jauh2 ke kota di luar kalimantan.ckup yang disekitar kita aja.makasih atas kunjungannya...

Keindahan Alam Kita mengatakan...

emang gak nyesel pergi ke pantai berasbasah ....indah banget jarang -jarang di kaltim ada pantai yg indah

AniesNies Permatasari mengatakan...

nice gan,,pengen juga bisa kesana,,

Zilla mengatakan...

salam nasrudin..

nak tumpang tanya ye, harap sudi membantu. kalo saya dari derawan memang kena patah balik ke samarinda utk ke pulau beras basah atau ada alternatif lain?

terima kasih..

Adam mengatakan...

Klo nginep di pulau beras basah ni bisa ga y? Ap hrus ad perijinan? Thx for sharing

Muhammad Saipul mengatakan...

menjawab beberapa komentar teman2 tentang Pulau Beras Basah, kebetulan saya lama besar dan hidup di Kota Bontang,

awalnya Beras Basah ini pulaunya Besar, tapi sekarang kalau dilihat dari atas mirip Bulan Sabit, Spot untuk Diving juga tidak kalah dengan Pulau Derawan dan Bunaken, Pemerintahnya pun sangat mendukung dengan adanya program transplantasi terumbu karang bekerjasama dengan PT. Badak NGL (Perusahaan Gas Raksasa di Bontang)

Untuk yang bertanya apakah bisa menginap apa tidak, saya bisa meyakinkan bahwa tidak ada larangan untuk menginap disana, saya bersama teman2 Samarinda Backpacker dan Balikpapan Backpacker telah melakukannya dan menginap disana, menikmati desiran ombak dan keindahan bawa laut, serta bisa menyaksikan keindahan Nemo (Ikan Badut) serta ikan Napoleon dibeberapa spot tertentu,

kalau di Hari Libur juga terdapat fasilitas Banana Boat,

Catatan saya apabila menginap, bawalah tenda atau hammock dan bekal makanan serta air bersih 1 jerigen besar, karena air tawar disana susah dan harus membeli 1 jerigen 5 liter sebesar Rp. 5.000,-

Spot untuk memancing juga menjadi keasyikan tersendiri bagi mancing mania,

apabila akan berkunjung pulau beras basah bisa menghubungi saya, insya allah saya akan bantu sebisa saya,

dan tak kalah serunya pula ketika menuju ke beras basah kita bisa menyaksikan replika patung marlion di cafe Singapore Tanjung Laut.

Ipoel Taripang
HP.0852 46 193 293

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/